Tuesday, 23 October 2018

Cara Mudah Flash Samsung Galaxy J2 via Odin3 v3.10.7 UPDATE HARI INI

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh teman-teman semuanya Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah dan trik dalam memperbaiki Smartphone samsung, atau lebih jelasnya flashing Samsung. disini saya akan menggunakan Smartphone Samsung Galaxi J2.

Jika melihat berapa banyak pengguna smartphone Samsung saat ini, mungkin jumlahnya sudah tidak terhitung lagi teman-teman. Namun dari sekian banyak pengguna smartphone Samsung ini (dari awal sampai akhir generasi samsung), apakah semuanya tahu bagaimana perawatan smartphone yang baik sehingga smartphone yang mereka gunakan tetap awet sampai bertahun-tahun lamanya sampai hancur-cur ditangan penggunanya saking lamanya digunakan.hehe

Kepada pengguna smartphone Samsung Galaxy J2, dimana produk yang termasuk dalam J series ini telah mendapat jumlah pembeli dengan rating tinggi pada saat ini (zamannya). Kalau saya boleh memberikan saran bagi penggunanya, hendaknya mereka bisa mengerti cara menangani permasalahan yang mungkin bisa saja terjadi pada semua smartphone, khususnya samsung galaxi j ini terutama masalah software, karena bisa saja smartphone anda mengalami kerusakan sistem seperti bootloop, lemot, dll. jika masalahnya demikian saya hanya bisa membantu dengan memberikan postingan berikut ini ya teman-teman dan do'a, hehe. oke langsung saja ke TKP berikut:

Jika dipelajari, cara flash Samsung Galaxy J2 ini sangat mudah, salah satunya yaitu melalui aplikasi Odin3 v3.10.7. Jika teman-teman penasaran! Simak ulasan lengkap di bawah ini ya teman-teman.

Sebelum memulai proses flashing, teman-teman terlebih dahulu siapkan beberapa perangkat atau bahan berikut.

  • Firmware Samsung Galaxy J2, download disini
  • Driver USB Samsung for Mobile Phone download disini atau dsini
  • Odin3 v3.10.7, download disini

Berikut ini langkah-langkah untuk flashing Samsung Galaxy J2 via Odin3 v3.10.7, simak baik-baik ya: 

  1. Ekstrak semua bahan yang sudah teman-teman download tadi pada komputer ataupun laptop. sip....
  2. Setelah itu, install driver Samsung pada komputer atau laptop yang teman-teman gunakan. Penginstallan driver Samsung ini berguna agar perangkat Samsung Galaxy J2 teman-teman dapat terdeteksi oleh Odin pada komputer/laptop.
  3. Sebelum dihubungkan pada komputer, terlebih dahulu matikan smartphone teman-teman.
  4. Jika sudah, kemudian masuk ke download mode Samsung Galaxy J2 dengan cara tekan tombol Volume Down + Home + Power secara bersamaan dan tahan hingga keluar Warnig (peringatan).
  5. Selanjutnya tekan tombol Volume Up satu kali saja untuk masuk ke dalam download mode Samsung Galaxy J2 teman-teman.
  6. Kemudian sambungkan perangkat Samsung Galaxy J2 teman-teman dengan komputer menggunakan kabel USB (pastikan anda menggunakan kabel USB dengan kualitas yang masih bagus agar tak ada potensi kegagalan proses flashing).
  7. Buka aplikasi Odin3 v3.10.7 yang sudah teman-teman tadi.
  8. Sebelum ke langkah berikutnya, pastikan terlebih dahulu jika smartphone teman-teman telah terdeteksi oleh Odin3 v3.10.7. Untuk mengetahui apakah Samsung Galaxy J2 teman-teman sudah terdeteksi atau belum, teman-teman bisa melihatnya pada port ID:COM.
  9. Lalu masukkan firmware Samsung Galaxy J2 pada tab AP di Odin3 v3.10.7
  10. Setelah semua sudah disiapkan, selanjutnya klik START untuk mulai proses Flash firmware Samsung Galaxy J2 via Odin3 v3.10.7.
  11. Selama proses flashing berjalan, teman-teman tak perlu melakukan apapun kecuali ngopi sambil nunggu boleh.hehe dan hanya menunggu hingga proses selesai. Dimana apabila proses ini selesai maka akan muncul pemberitahuan berupa tulisan PASS pada bagian pojok kiri atas.
  12. Jika proses ini telah berhasil, kemudian smartphone akan dengan sendirinya restarting. Nah umumnya, proses booting setelah flashing akan memakan waktu yang cukup lama sehingga anda perlu menunggu lagi sambil ngopi lagi..wkwkw
Setelah proses flashing dan booting selesai, maka smartphone Samsung Galaxy J2 teman-teman bisa digunakan kembali dengan kondisi normal dan baik. simpel bukan!!

Nah beberapa masalah yang dapat diatasi dengan proses flashing ini antara lain sebagai berikut:

  • Ponsel yang gampang ngehang, yaitu berhenti dan tidak dapat digunakan ketika perangkat sedang digunakan.
  • Lupa kode pengaman, baik password maupun pola.
  • Ponsel yang sistem operasinya sudah sangat lambat/lemoot/lelet, biasanya ini terjadi karena ponsel menginstall terlalu banyak aplikasi berjalan, atau dapat juga dikarenakan virus yang terlalu banyak.
  • Tidak dapat masuk ke menu utama dan berhenti pada logo/bootlop Samsung dan lain-lain.
Hanya dengan sekali reparasi teman-teman sudah bisa mengatasi beberapa masalah sekaligus. jadi gak perlu ke konter servisan lagi deh, irit duite buat bli paketan internet.hahaha
Semoga ulasan di atas membantu dan apabila ada kesalahan pada praktik hingga menyebabkan kerusakan atau masalah lain, saya tidak bertanggung jawab. kebenaran hanay milik Allah semata. kurang dan lebihnya saya mohon maaf. wassalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh.

No comments:

Post a Comment